Tips dan Trik Seputar Ilmu Teknologi dan Infomasi Komunikasi Komputer dan Internet

Senin, 01 Agustus 2016

Cara Mempercepat Koneksi Internet dan Wifi

Cara Mempercepat Koneksi Internet dan Wifi, Hai teman jalur langit kali ini saya ingin sekali memberikan tutorial cara mempercepat koneksi internet dan wifi yang ada di publik, saya di sini akan memberikan beberapa pilihan membuat koneksi anda lebih cepat, kalau tidak lebih cepat setidaknya koneksi anda akan terasa lancar, dalam beberapa kasus pernah kah anda cek koneksi anda di speedtest sangat cepat atau kencang tetapi pada realitasnya terasa sangat lambat sekali, bahkan untuk membuka halaman utama google saja yang hanya butuh seperdetik saja bisa jadi puluhan detik, atau anda pernah kah ketika sedang melakukan download file menggunakan file downloader seperti idm dan sejenisnya kecepatan menunjukan angka yg besar tetapi loading download tersendat sendat, hal ini bisa di sebabkan oleh beberapa faktor utama yakni :


1. Banyaknya pengguna koneksi internet pada jalur tersebut yang menyebabkan koneksi internet terbagi menjadi banyak dan anda merupakan salah satunya untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan tools bernama NETCUT, software besutan dari arcai ini sudah terkenal lama dalam kehebatannya untuk memutuskan koneksi orang lain dalam satu jalur jaringan yang sama, bisa under wifi atau lan, untuk cara penggunaan netcut nanti akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

2. Komputer atau laptop anda terkena virus, virus juga merupakan penyebab utama melambatnya koneksi internet anda, jangankan koneksi internet bahkan kemampuan dari komputer atau laptop milik anda sendiri akan berkurang dan dapat menyebabkan dimana kita bisa menyebut komputer kita itu lemot, untuk hal ini yang harus anda lakukan adalah bersihkan komputer anda dari virus dengan menggunakan antivirus kesukaan anda, kalau saya suka menggunakan kaspersky dan smadav dimana kaspersky untuk virus buatan orang bule dan smadav untuk virus buatan orang indonesia.

3. Terlalu banyak program yang memakan source komputer seperti ram dan prosessor, coba anda cek melalui task manager apakah sisa ram komputer anda penuh atau prosessor kamu kinerjanya lebih dari 80% kalau iya matikan program atau aplikasi dan software yang berat supaya koneksi internet anda lancar, atau anda bisa dari di google software bernama ram cleaner, tinggal klik ram lega.

4. Dibatasi oleh mikrotik dan memang kapasitas koneksinya sudah di tentukan sejak awal atau dalam bahasa lainnya telah di limitasi, untuk bypass atau menembus hal ini saran saya adalah tidak usah, karena tidak ada gunanya kecuali anda tau password dan username dari mikrotik jaringan tersebut.

5. Ping yang tersendat, anda bisa coba melakukan ping dengan cara buka CMD, ketik ping 8.8.8.8 -t lalu enter, jika ping anda seperti gambar 1 berarti koneksi anda lancar sentosa, akan tetapi jika ping anda terputus putus seperti gambar nomer 2, saran saya anda dapat mencoba gunakan ssh atau vpn gratisan untuk melancarkan ping yang terputus putus tersebut sehingga koneksi internet anda akan lebih lancar.

Gambar 1

Gambar 2
6. Ganti IP DNS komputer atau laptop anda caranya adalah :
 - Klik Start, Buka Control Panel
 - Pilih Pada Network & Internet Connection
 - Lalu Klik Network Connection
 - Klik Kanan Local Area Connection dan pilih Properties
 - Klik Pilih Internet Protocol (TCP/IP) lalu Klik Properties
 - Pilih Use Following DNS Server
 - Kemudian Isi Preferred DNS Server dengan angka : 208.67.222.222 atau 8.8.8.8
 - dan Isi Alternate DNS Server dengan angka : 208.67.220.220 atau 8.8.4.4
 - Kemudian Klik OK

Cukup sekian cara mempercepat koneksi internet dan wifi kali ini, saya selaku penulis mohon maaf apabila ada salah penulisan dan tutur bahasa saya yang kurang berkenan kepada anda, jika bermanfaat silahkan anda klik share dan bagikan kepada kerabat dan teman anda melalui akun social media milik anda, salam hangat JalurLangit

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mempercepat Koneksi Internet dan Wifi